PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI SMPN 1 ALLA KABUPATEN ENREKANG
Keywords:
Strategi Pembelajaran, Pembentukan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pembelajaran yang digunakan guru dalam Membentuk Karakter Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring. Dan kendala yang dihadapi dalam membentuk karakter Peserta Didik melalui pembelajaran daring di SMPN 1 ALLA Kabupaten Enrekang. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pegumpulan data yang dilakukan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini diolah dengan menggunakan analisis data secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran di SMPN 1 ALLA dalam membentuk karakter peserta didik yaitu melakukan pembiasaan pada peserta didik dengan 3 langkah yaitu: a)Pendahuluan meliputi, mengecek kehadiran peserta didik, memberikan motivasi, dan membaca doa. b) Isi pembelajaran meliputi mendeskripsikan materi, dan memberikan kesempatan bertanya, c) Kegiatan penutup, meliputi merefleksikan materi yang telah diberikan. 2) Kendala yang dihadapi dalam Strategi Pembelajaran ini yaitu kendala internal maupun eksternal. Kendala internal yaitu: Motivasi belajar peserta didik menurun dan terbatasnya media pembelajaran digital yang digunakan. Adapun kendala eksternalnya yaitu: Lingkungan belajar peserta didik yang kurang mendukung, jaringan internet yang tidak stabil dan ekonomi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Galeri Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal JEG memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel jurnal ini dapat di akses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya sesuai lisensi Creative Commons yang digunakan.