MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PETA PIKIRAN BAGI SISWA KELAS IV SD ANGKASA I MANDAI

Authors

  • Abd. Azis DP Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Asri Tapa Universitas Pejuang Republik Indonesia

Keywords:

Motivasi, Hasil belajar, Peta Fikiran

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas IV di SD Angkasa I Mandai  dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metode Peta Pikiran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa Kelas IV di SD Angkasa I Mandai,

Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan tes. Pedoman observasi digunakan setiap pembelajaran berlangsung, angket dan tes digunakan setiap siklus berakhir. Pedoman wawancara digunakan pada akhir siklus kedua dan catatan lapangan dibuat setiap pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pkn dengan menggunakan metode Peta Pikiran guna meningkatkan motivasi belajar PKn siswa, dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: (1) Mempelajari konsep suatu materi pelajaran, (2) Menentukan ide-ide pokok secara berkelompok, (3) Membuat atau menyusun peta pikiran mengunakan media Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan (4) Presentasi kelompok di depan kelas.

Berdasarkan hasil analisis angket motivasi belajar PKn siswa, observasi motivasi belajar matematika siswa, rata-rata nilai tes siklus dan wawancara ada peningkatan motivasi belajar matematika siswa setelah dilakukan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Peta Pikiran. Rata-rata hasil tes siklus mengalami peningkatan, rata-rata pada siklus I yaitu 75,18 meningkat menjadi 90,18 pada siklus II. (4) Dari hasil wawancara diperoleh keterangan bahwa secara umum siswa termotivasi dalam belajar.

Data hasil observasi motivasi, data hasil angket motivasi, rata-rata hasil tes siklus, dan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat setelah belajar menggunakan metode Peta Pikiran.

Downloads

Published

2023-03-26