Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA melalui Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat ( STM ) terhadap siswa kelas VIIc SMP Negeri 20 Makassar.

Authors

  • Muhammad Al Muhajir UPRI Makassar

Keywords:

Hasil Belajar IPA, Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM).

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class room action research) bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi di kelas VIIc SMP Negeri 20 Makassar dengan menggunakan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIc SMP Negeri 20 Makassar yang berjumlah 36 orang siswa.

            Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah berupa tes pada setiap akhir siklus dan lembar observasi, aktifitas, dan keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar. Sedangkan data hasil tes belajar dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik subjek penelitian pada siklus I memperoleh skor rata-rata = 70,86; skor terendah 38, skor tertinggi 85 dengan ketuntasan sebesar 66,70% dan tidak tuntas sebesar 33,3%. Sedangkan pada siklus II memperoleh skor rata-rata = 84,25; skor terendah 63, skor tertinggi 100 dengan ketuntasan sebesar 97,2% dan tidak tuntas sebesar 2,78%.

            Berarti ada manfaat penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA kelas VIIc SMP Negeri 20 Makassar, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ini, baik untuk peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VIIc SMP Negeri 20 Makassar.

Downloads

Published

2022-10-27