PENGARUH MULTIMEDIA DAN KREATIVITAS GURU BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MAKASSAR
Keywords:
Multimedia;, Kreativitas;, Hasil BelajarAbstract
Abstark,
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan pengaruh multimedia dan kreativitas guru terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 5 Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan verifikatif. Lokasi penelitian ini adalah di kelas X SMA Negeri 5 Makassar. Populasi penelitian yakni siswa kelas X yang berjumlah 51 orang .Teknik ini untuk memperoleh data tentang jumlah guru dan siswa serta berbagai dokumen-dokumen seperti foto penelitian, nilai rapor siswa semester genap tahun pelajaran 2013/2014, dan sebagainya. Teknik ini digunakan untuk melakukan pengamatan terhadap aktivitas dan kondisi siswa saat pembelajaran bahasa Indonesi dengan menggunakan multimedia. Berdasarkan data yang dikumpulkan, selanjutnya diolah, dianalisis, dengan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik parametrik dengan model regresi linier berganda yang diolah dengan program Statistical Products dan Solution Service (SPSS) versi 19. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran dan kreativitas guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 5 Makassar. Hasil penelitian tersebut menunjukkan semakin tinggi penggunaan media pembelajaran dan kreativitas guru, maka akan semakin baik pula prestasi belajar siswa. Oleh karena itu penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar menjadi sangat penting, karena media dapat dijadikan sebagai perantara atau alat yang berfungsi untuk menyampaikan materi pembelajaran. Begitu juga dengan kreativitas guru, mengingat keberhasilan dalam proses pembelajaran di tentukan oleh peran seorang guru, untuk itu guru senantiasa dituntut untuk memiliki kreativitas tinggi terutama dalam menyajikan materi secara menarik, memilih media yang tepat, menyampaikan materi secara matang, serta penggunaan pendekatan dan strategi pembelajaran yang tepat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Education Galery
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal JEG memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel jurnal ini dapat di akses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya sesuai lisensi Creative Commons yang digunakan.