Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Aktif yang Menggunakan Kartu Sortir (card-sort) di SMAN 12 Makassar.

Authors

  • Etty Rosmiati

Keywords:

Pembelajaran Aktif, Kartu Sortir (Card Sort), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMAN 12 Makassar dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Aktif yang menggunakan kartu sortir (card-sort) dalam pelaksanaannya. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih kurangnya keaktifan serta prestasi belajar siswa. Berdasarkan observasi di lapangan hal ini disebabkan oleh karena model atau pendekatan yang digunakan selama ini masih konvensional (ceramah), sehingga berdampak pada keengganan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran sehingga menimbulkan menurunnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Model Pembelajaran Aktif menggunakan kartu sortir (card-sort) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 dalam pembelajaran Biologi di SMAN 12 Makassar.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dan peneliti, dan yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 12 Makassar yang berjumlah 37 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi keaktifan, dokumentasi, catatan tes lapangan dan tes hasil belajar siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terperinci. Hasil penelitian di lapangan dengan jumlah siswa 37 orang menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa yang memiliki hasil belajar pada kategori tuntas adalah 11 orang dengan persentase 29,72 dengan persentase 29,72%, sedangkan yang yang tidak tuntas adalah 26 orang dengan persentase 70,27%. Pada siklus II dari jumlah siswa 37 orang, jumlah siswa yang berada pada kategori tuntas adalah 37 orang dengan persentase 100%, sedangakan yang berada pada kategori tidak tuntas adalah 0 atau tidak ada dengan persentase 0%. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut,maka hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran aktif yang menggunakan kartu sortir (card-sort) di SMAN 12 Makassar, dapat dikatakan berhasil karena rata-rata hasil belajar Biologi telah mencapai KKM.

Downloads

Published

2022-10-27