PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE KELAS X SMA NEGERI 12 MAKASSAR
Keywords:
Hasil Belajar, Model PembelajaranAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang di tempuh dengan tiga siklus, setiap siklus terdapat empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan serta analisis dan refleksi. Tindakan penelitian dalam setiap siklus di lakukan dengan cara pemberian pembelajaran berkelompok sehingga siswa akan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dan di akhiri dengan pemberian tes pada akhir siklus. Hasil yang di peroleh setelah penelitian tindakan kelas ini adalah, Keaktifan siswa menjadi lebih meningkat jika di bandingkan dengan sebelumnya. Tingkat hasil belajar siswa di SMA Negeri 12 Makassar sebelum di beri model pembelajaran scramble berada pada kategori rendah, namun setelah di berikan metode scramble yang meliputi 3 siklus, maka tingkat hasil belajar siswa mengalami peningkatan atau berada pada kategori sangat tinggi. Terbukti dari data hasil latihan tes setiap siklus yang selalu meningkat, perolehan nilai yang rata-rata kelas pada siklus I sebesar 63,68%, siklus II sebesar 75,38%, dan pada siklus III sebesar 85,83%.
Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran scramble dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas kelompok pelajaran biologi pada siswa SMA Negeri 12 Makassar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Galeri Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal JEG memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel jurnal ini dapat di akses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya sesuai lisensi Creative Commons yang digunakan.