Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Biologi Terhadap Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 11 Tana Toraja

Authors

  • Arwaty UPRI Makassar

Keywords:

Discovery, Learning, Minat, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peranan model pembelajaran Discovery Learning terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas X MIA SMA Negeri 11 Tana Toraja. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun pelajaran 2020/2021 dimulai dari bulan september sampai akhir oktober 2020. Populasi adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 11 Tana Toraja.

Adapun metode penelitian tindakan kelas ini ditempuh dengan dua siklus, setiap siklus terdapat empat tahap yaitu tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah berupa tes pada setiap akhir siklus dan lembar observasi dan minat belajar siswa dalam mengikuti proses belajar. Sedangkan data hasil tes belajar dinalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik subjek penelitian berupa rata-rata, skor terendah, skor tertinggi dan rentang skor.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 64% dan siklus II meningkat menjadi 74%, dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan presentase ketuntasan pada siklus I sebesar 70% pada siklus II meningkat menjadi 80%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning  dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X MIA SMA Negeri 11 Tana Toraja.

Downloads

Published

2022-10-27