PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BONTOMARANNU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN

Authors

  • Mislia Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Mahyul Singke Universitas Pejuang Republik Indonesia

Keywords:

Time token

Abstract

Beberapa hal yang menjadi permasalahan dalam pembelajaran Biologi di SMP Negeri 2 Bontomarannu adalah hasil belajar siswa rendah dan aktivitas siswa dalam belajar masih kurang. Berdasarkan pengalaman ketuntasan belajar siswa hanya 65%. Untuk itu peneliti mengambil Metode Pembelajaran time-token dalam materi pemanasan global sehingga hasil belajar meningkat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: “apakah metode pembelajaran time-token pada materi pemanasan global dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar?”. Adapun tujuan penelitian ini adalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitia Tindakan Kelas (PTK) Pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bontomarannu yang berjumlah 34 orang. Adapun yang diamati dalam penelitian ini meliputi: aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Pengambilan data dalam pengamatan langsung maupun analisis terhadap hasil  tes / pekerjaan siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi, dan taham refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktifitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan baik pada tiap siklusnya, pada siklus I siswa yang tuntas belajar 15 orang dengan persentase 44,12% dengan nilai rata-rata 67,62 sedangkan pada siklus II meningkat yaitu siswa yang tuntas belajar 34 orang dengan persentase ketuntasan 100% dengan nilai rata-rata 81,3%. Kesimpulannya bahwa pembelajaran pada materi pemanasan global dengan metode pembelajaran time-token dapat meningkatkan akivitas dan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan bagi guru Biologi SMP Negeri 2 Bontomarannu dapat menggunakan metode ini dalam pembelajaran biologi.

Downloads

Published

2023-08-21