Peningkatan Hasil belajar Biologi dengan Penerapan Metode Pembelajaran Everyone Is Teacher Here pada Mata Pelajaran IPA Biologi SMP Negeri 20 Makassar.
Keywords:
Pembelajaran Aktif , Kartu Sortir (Card Sort) , Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi melalui penerapan metode Pembelajaran everyone is teacher here pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Makassar.
Metode penelitian tindakan kelas ini ditempuh dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil yang diperoleh setelah penelitian tindakan kelas ini adalah, keaktifan siswa menjadi lebih meningkat jika dibandingkan dengan sebelumnya. Tingkat hasil belajar siswa SMP Negeri 20 Makassar sebelum di beri metode pembelajaran everyone is teacher here berada pada kategori rendah, namun setelah di berikan metode everyone is teacher here yang maliputi III siklus, maka tingkat hasil belajar siswa mengalami peningkatan atau berada pada kategori tinggi. Skor rata rata yang diperoleh siswa mengalami peningkatan yaitu : dari 69.84 pada siklus I, naik menjadi 76.93 pada siklus II, dan selanjutnya pada siklus III meningkat menjadi 85.16. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, hasil belajar IPA biologi siswa meningkat dimana pada siklus I siswa yang berada pada kategori tuntas hanya 51.61% dan yang tidak tuntas 48.39%, pada siklus II yaitu 74.19% yang tuntas dan yang tidak tunta 25.81%, sedangkan pada siklus III siswa yang berada pada kategori tuntas mencapai 87.09%dan yang tidak tuntas 12.91%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran everyone is teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA Biologi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Makassar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Education Galery
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal JEG memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel jurnal ini dapat di akses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya sesuai lisensi Creative Commons yang digunakan.