Peningkatan Hasil belajar Biologi dengan Penerapan Metode Pembelajaran Everyone Is Teacher Here pada Mata Pelajaran IPA Biologi SMP Negeri 20 Makassar.

Authors

  • Isnada Sulaiman Universitas Pejuang Republik Indoensia
  • Tenri Abeng UPRI Makassar

Keywords:

Pembelajaran Aktif , Kartu Sortir (Card Sort) , Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi melalui penerapan metode Pembelajaran everyone is teacher here pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Makassar.

Metode penelitian tindakan kelas ini ditempuh dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II.  Hasil yang diperoleh setelah penelitian tindakan kelas ini adalah,  keaktifan siswa menjadi lebih meningkat jika dibandingkan dengan sebelumnya. Tingkat hasil belajar siswa SMP Negeri 20 Makassar sebelum di beri metode pembelajaran everyone is teacher here berada pada kategori rendah, namun setelah di berikan metode everyone is teacher here  yang maliputi III siklus, maka tingkat hasil belajar siswa mengalami peningkatan atau berada pada kategori tinggi.  Skor rata rata yang diperoleh siswa mengalami peningkatan yaitu : dari 69.84 pada siklus I, naik menjadi 76.93 pada siklus II, dan selanjutnya pada siklus III meningkat menjadi 85.16. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, hasil belajar IPA biologi siswa meningkat dimana pada siklus I siswa yang berada pada kategori tuntas hanya 51.61% dan yang tidak tuntas 48.39%, pada siklus II yaitu 74.19% yang tuntas dan yang tidak tunta 25.81%, sedangkan pada siklus III  siswa yang berada pada kategori tuntas mencapai 87.09%dan yang tidak tuntas 12.91%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran everyone is teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA Biologi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Makassar.

Downloads

Published

2022-10-27