Korelasi Antara Kelengkapan Buku Pelajaran dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV,V, dan VI di SD Negeri 51 Toli-Toli Kelurahan Tekolabua Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan
Keywords:
Korelasi, Prestasi Belajar, Hasil BelajarAbstract
Mengingat pendidikan selalu berkenaan dengan pembinaan maka keberhasilan pandidikan sangat bergantung pada unsur manusianya. Salah satu unsur yang paling penting adalah siswa yang dipengaruhi dari faktor kelengkapan sarana dan prasarana belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara kelengkapan pelajaran terhadap tinggi rendahnya hasil belajar bagi setiap siswa. Lokasi penelitian di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dengan unit analisis siswa SD Negeri 51 Toli-Toli Kelurahan Tekolabua Kecamatan Pangkajene. Analisis data dengan cara data yang sudah ada dianalisis secara kualitatif dengan mengumpulkan informasi-informasi yang valid dengan melalui wawancara mendalam (indepth interview) dan angket terhadap siswa. Kemudian data yang sudah dikoding kemudian disusun secara naratif dan disimpulkan berdasarkan data yang didapatkan dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak buku wajib yang dimiliki oleh siswa adalah cenderung mempengaruhi secara positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dan lebih spesifik lagi bila siswa memiliki secara pribadi buku pegangan guru menunjukkan rata-rata cepat memahami materi pelajaran, cepat dan tepat menyelesaikan tugasnya serta hasil belajarnya di atas rata-rata kelas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Education Galery
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal JEG memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel jurnal ini dapat di akses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya sesuai lisensi Creative Commons yang digunakan.