HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN PERGAULAN DI SEKOLAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 MAJENE
Keywords:
Lingkungan Pergaulan, Prestasi belajarAbstract
Abstrak. Studi ini menelaah tentang Hubungan antara Lingkungan Pergaulan Siswa dan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Majene. Masalah utama dalam penelitian ini untuk mengetahui gambaran lingkungan pergaulan siswa di SMA Negeri 2 Majene, prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Majene, Apakah ada hubungan positif antara lingkungan pergaulan siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Majene. Berdasarkan itu, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai: (1) Lingkungan pergaulan siswa di SMA Negeri 2 Majene.(2) Prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Majene. (3) Ada tidaknya hubungan antara lingkungan pergaulan dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Majene.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kuantitatif, yang bersifat deskriftif korelasional. Untuk meneliti lingkungan pergaulan siswa sebagai variabel bebas (x) dan prestasi belajar sebagai variabel terikat (y). teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara Angket, dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik persentase dan korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Lingkungan pergaulan siswa di SMA Negeri 2 Majene pada umumnya dikatakan cukup baik. Lingkungan pergaulannya berada pada kategori cukup baik. (2) Prestasi belajar siswa di SMA negeri 2 Majene tergolong tinggi. berada pada kategori tinggi (3) Terdapat hubungan positif antar lingkungan pergaulan siswa dan prestasi siswa belajar. Hal ini berarti semakin baik lingkungan pergaulan siswa di sekolah semakin besar kemungkinannya siswa memperoleh prestasi belajar yang lebih tinggi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Galeri Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal JEG memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel jurnal ini dapat di akses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya sesuai lisensi Creative Commons yang digunakan.