HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN PERGAULAN DI SEKOLAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 MAJENE

Authors

  • Andi Mahyul Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Andi Hidayati Universitas Pejuang Republik Indonesia

Keywords:

Lingkungan Pergaulan, Prestasi belajar

Abstract

Abstrak. Studi ini menelaah tentang Hubungan antara Lingkungan Pergaulan Siswa dan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Majene. Masalah utama dalam penelitian ini untuk mengetahui gambaran lingkungan pergaulan siswa di SMA Negeri 2 Majene, prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Majene, Apakah ada hubungan positif antara lingkungan pergaulan siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Majene. Berdasarkan itu, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai: (1) Lingkungan pergaulan siswa di SMA Negeri 2 Majene.(2) Prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Majene. (3) Ada tidaknya hubungan antara lingkungan pergaulan dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Majene.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kuantitatif, yang bersifat deskriftif korelasional. Untuk meneliti lingkungan pergaulan siswa sebagai variabel bebas (x) dan prestasi belajar sebagai variabel terikat (y). teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara Angket, dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik persentase dan korelasi product moment.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Lingkungan pergaulan siswa di SMA Negeri 2 Majene pada  umumnya dikatakan cukup baik. Lingkungan pergaulannya berada pada kategori cukup baik. (2) Prestasi belajar siswa di SMA negeri 2 Majene tergolong tinggi. berada pada kategori tinggi (3) Terdapat hubungan positif antar lingkungan pergaulan siswa dan prestasi siswa belajar. Hal ini berarti semakin baik lingkungan pergaulan siswa di sekolah semakin besar kemungkinannya siswa memperoleh prestasi belajar  yang lebih tinggi.

Downloads

Published

2023-03-26