PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI
Keywords:
Group investigation, Aktivitas Belajar, Hasil BelajarAbstract
Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Barru yang berjumlah 31 orang. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran berupa peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar biologi melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe group investigation . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan kualitas pembelajaran berupa aktivitas dan hasil belajar biologi. Aktivitas belajar siswa diukur dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas dengan nilai rata-rata persentase 71,23 % pada siklus I meningkat menjadi 92,03 % pada siklus II atau meningkat sebesar 20,80 %. Hasil belajar biologi siswa yang diukur dengan rata-rata nilai yang diperoleh dan persentase ketuntasan belajar siswa, yang berdasarkan nilai KKM, yaitu 80. Pada siklus I rata-rata perolehan nilai sebesar 79,68 dan tingkat ketuntasan 77,42 % siswa tuntas belajar dan pada siklus II rata-rata perolehan nilai meningkat menjadi 86,29 atau meningkat sebesar 6,61 dan ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 100 % siswa tuntas belajar atau meningkat 22,58%.
References
Andry, Z., & Suhendrik, P. (2022). PENGARUH DISIPLIN GURU TERHADAP KINERJA GURU PADA UPT. SMA NEGERI 19 MAKASSAR. Jurnal Galeri Pendidikan, 2(1), 29-37.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Burhaman, B. (2019). DARI SEJARAH LOKAL SUL-SEL KE SEJARAH LOKAL SUL-SELBAR: MEMIKIRKAN PERSPEKTIF BARU SEJARAH LOKAL. Lensa Budaya: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Budaya, 14(2).
Djunedding, B. (2023). DEMOKRASI VERSUS DEMOKRASI: SWAPRAJA GOWA DAN PERMASALAHAN OTONOMI DAERAH DI PROVINSI SULAWESI PASCA PENYERAHAN KEDAULATAN DARI PEMERINTAH KOLONIAL BELANDA. JURNAL ILMU BUDAYA, 11(1), 36-44.
Isnada, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Reinforcement untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMPN 1 Bonggakaradeng Tana Toraja pada Materi Berbagai Sistem dalam Kehidupan Manusia. Jurnal Biotek, 3(2), 85-91.
Isnada, I., & Masding, M. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 12 MAKASSAR. CELEBES BIODIVERSITAS: Jurnal Sains dan Pendidikan Biologi, 4(1), 17-24.
Kasim, A. I., Suhenrik, P., Alim, A., & Irfan, A. (2022). Pengaruh Stres Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Perhubungan Kota Makassar. Humano: Jurnal Penelitian, 13(2), 74-86.
Ramly, R. A. (2021). Penerapan Komunitas Belajar Melalui Aplikasi WhatsApp sebagai upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(2), 147-159
Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 107-119.
Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). Penggunaan Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 2 Campalagian Polewali Mandar. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 65-74.
Riyanto, Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Salam, S. (2018). THE ROLE OF HISTORY TEACHERS IN INSTILLING A SENSE OF NATIONALISM IN THE CLASS X STUDENTS AT SMA NEGERI 15 GOWA. In SEMINAR PROCEEDING OF INTERNATIONAL SEMINAR CULTURE CHANGE AND SUSTAINABLE DEVELOPMENT IN MULTIDISCIPLINARY APPROACH (p. 133).
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Grafindo.
Seprida, R., Rosmiati, E., & Alimuddin, N. (2023). HUBUNGAN MOTIVASI DAN KESADARAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI EMPAT BONE. Binomial, 6(1), 84-90.
Slavin, R. E. 2009. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusamedia
Suhendrik, P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Upt. Sdn Pannara Kota Makassar. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).
Suhendrik, P. (2022). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA UPT. SPF SMP NEGERI 20 MAKASSAR. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 100-106.
Suhendrik, S., & Wahid, S. (2022). Improving Learning Outcomes in Pancasila and Citizenship Education Subjects (PPKN) through the Snowball Throwing Type Learning Model for Students at SMKS YPPK Limbung, Gowa. Unmul Civic Education Journal, 5(1), 90-119.
Susanto, H. 2016. Meraih Kualitas Pembelajaran . https://bagawanabiyasa.wordpress.com/2016/08/18/meraih-kualitas-pembelajaran/ (diakses Oktober 2022).
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Galeri Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal JEG memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel jurnal ini dapat di akses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya sesuai lisensi Creative Commons yang digunakan.