ANALISIS MOTIVASI, MINAT, DAN SIKAP BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK ILMU SOSIAL DI SMA
Keywords:
Motivasi Belajar;, Minat Belajar, Sikap Belajar, Lintas MinatAbstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahuimotivasi, minat, dan sikap belajar peserta didikdi SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dan studi literatur. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, kuisioner dan literatur yang berkaitan dengan motivasi, minat, dan sikap belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar Biologi peserta didik Ilmu Sosial dikategori sedang yaitu 60.04 %, minat belajar dikategori tinggi yaitu 75.54%, dan sikap belajar dikategori netral yaitu 65.38%. Motivasi, minat, dan sikap belajar adalah faktor yang sangat mendukung proses belajar mengajar peserta didik, khususnya pada pelajaran lintas minat Biologi pada kelas Ilmu Sosial..
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Education Galery
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal JEG memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel jurnal ini dapat di akses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya sesuai lisensi Creative Commons yang digunakan.