Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Wakatobi
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Menggunakan Metode Mind Mapping. Subyek penelitian ini adalah Siswa MTs Negeri 1 Wakatobi kelas VIII B dengan jumlah 29 siswa.
Adapun metode penelitian tindakan kelas ini ditempuh dengan dua siklus, setiap siklus terdapat empat tahap yaitu tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah berupa tes pada setiap akhir siklus dan lembar observasi untuk mengamati aktivitas belajar siswa. Sedangkan data hasil tes belajar dinalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik subjek penelitian berupa rata-rata, skor terendah, skor tertinggi dan rentang skor.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan aktifitas dan hasil Belajar pada siswa kelas VIII B MTs Negeri 1 Wakatobi. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat pada hasil yang diperoleh dengan nilai rata-rata hasil Belajar siswa dengan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) adalah 65. Hal ini terlihat dari data yang diperoleh pada siklus I dan siklus II yaitu dari siklus I sebesar 49,10% dan meningkat pada siklus II yaitu 73,10%, pada hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Mind Mapping pada kelas VIII B MTs Negeri 1 Wakatobi dapat meningkatkan hasil peningkatan dari siklus I ke siklus II.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Education Galery
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal JEG memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel jurnal ini dapat di akses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya sesuai lisensi Creative Commons yang digunakan.