“Peran Orang Tua Dan Sekolah Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa di SMP Negeri 17 Makassar ” Provinsi Sulawesi Selatan.
Keywords:
Pendidikan, Karakter, Covid 19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peran orang tua dan sekolah dalam meningkatkan pendidikan karater siswa di masa covid 19 pada SMP Negeri 17 Makassar. dan bagi lembaga hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan bagi pelaksanaan proses peningkatan pendidikan karakter sehingga pembentukan karakter berjalan secara optimal. Terkhusus bagi orang tua hasil penelitian diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan orang tua dalam meningkatkan proses pembentukan karakter. Bagi Mahasiswa hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan perbaikan kualitas bagi jurusan, serta dapat menambah referensi di perpustakaan dalam peningkatan karakter kedepannya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam wawancara peneliti dengan informan serta sebaran angket yang diperoleh melalui analisis data dalam tabel kerja, maka dapat diperoleh hasil rata-rata yaitu orang tua siswa sebagai respondent telah menjawab peran orang tua dalam meningkatkan pendidikan karakter di SMP Negeri 17 Makassar yaitu 46,67% berperan, dan 36,67% cukup berperan serta 13,99% yang kurang berperan dan yang tidak berperan 2,67%. dan peran sekolah dalam meningkatkan pendidikan karakter di SMP Negeri 17 Makassar yaitu 90,01% berperan, dan 9,33% cukup berperan serta 0,66% yang kurang berperan dan yang tidak berperan 0%. Jadi dapat ditarik kesimpulan yaitu orang tua dan sekolah berperan dalam meningkatkan pendidikan karakter
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Education Galery
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal JEG memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel jurnal ini dapat di akses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya sesuai lisensi Creative Commons yang digunakan.