MANAJEMEN KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BATARA SIANG KABUPATEN PANGKEP

Authors

  • Muhammad Badar Universitas Pejuang Republik Indonesia, Makassar
  • Hajrah

Keywords:

Mutu Pelayanan, Rumah Sakit

Abstract

Rumah Sakit bagian terpenting dalam dunia kesehatan, dimana terdapat jenis pelayanan yang mendukung kesehatan masyarakat. Tidak semua rumah sakit memiliki mutu pelayanan yang tinggi. Mutu pelayanan kesehatan sangat penting untuk mengukur seberapa jauh Rumah Sakit dalam memberikan pelayanannya kepada pasien.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Batara Siang Kabupaten Pangkep. 

Jenis penelitian ini adalah kualitatif secara studi kasus dengan informan sebanyak 6 orang. Data diperoleh dari informan dengan menggunakan alat pengumpul data berupa pedoman wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis.

Hasil penelitian menunjukkan indikator reliabilitas dokter yang tepat waktu dalam bertugas, indikator daya tanggap petugas menerapkan salam dan petugas selalu standby, lalu indikator assurance petugas sudah sepenuhnya mentaati aturan, indikator empati petugas menangani pasien sesuai kebutuhannya dan indikator bukti fisik kebersihan lingkungan dan kerapian perlu ditingkatkan lagi.

Dari lima indikator mutu pelayanan semuanya perlu ditingkatkan lagi dan ditinjau ulang kembali agar kepuasan pasien meningkat dan membuat pasien menjadi loyal terhadap jasa pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Batara Siang Kabupaten Pangkep.

Downloads

Published

2022-06-29