SOSIALISASI DAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI TENGAH PANDEMI COVID-19
Keywords:
Digital Marketing, Market place, Bisnis on lineAbstract
Seiring dengan kemajuan teknologi, semakin mordern juga gaya berbisnis. Salah satu cara berbisnis yang lagi tren adalah berbisnis secara on line (Digital Marketing) melalui market place. market place merupakan perantara penjual dan pembeli melalui dunia maya atau on line. Situs market place bertindak sebagai pihak ketiga dalam bertransaksi on line dengan menyediakan tempat berjualan dan fasilitas pembayaran. Bisa dikatakan marketplace adalah departemen store on line. Berjualan melalui marketplace tentulah sangat menguntungkan. Keuntungan yang diperoleh yaitu produk yang dijual akan lebih mudah ditemukan oleh pembeli dan jangkauan pasarnya bisa lebih luas karena menggunakan sistem on line, pembeli akan lebih percaya dan aman saat bertransaksi. Berjualan melalui jaringan internet merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh kelompok pengrajin “Permata Mangkasa” yang merupakan kelompok usaha yang membuat kerajinan tas , dompet dan asesories yang berada di Desa Tenrigangkae Dusun Tinggito Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Selama ini Produk yang mereka hasilkan dipasarkan pada kegiatan pameran dan dijuga ditawarkan melalui media sosial. Walaupun produk mereka sudah ditawarkan melalui on line namun hasil penjualan produk mereka belum meningkat. Oleh karena itu kami ingin memberikan solusi agar jumlah penjualan produk mereka meningkat. Adapun solusi yang kami berikan adalah dengan memberikan sosialisasi bagaimana menjual produk melalui marketplace on line. Salah satu marketplace yang kami pilih adalah shopee yang merupakan salah satu marketplace terbesar di indonesia.