ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI ANUITAS DI TINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI SMK KEHUTANAN NEGERI MAKASSAR

Authors

  • Nurdyanti Suaedy Universitas Pejuang Republik Indonesia, Makassar

Keywords:

Pemecahan Masalah, Gaya Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Anuitas ditinjau dari gaya belajar (visual, auditorial, dan kinestetik) siswa kelas XI SMK Kehutanan Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah, angket gaya belajar, dan tes wawancara yang valid dan reliabel. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Kehutanan Negeri Makassar yang terdiri dari 2 siswa gaya belajar visual, 2 siswa gaya belajar auditorial, dan 2 siswa gaya belajar kinestetik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: Siswa dengan gaya belajar visual dapat menyelesaikan masalah/soal dengan rapi dan runtut, mengingat dan menggunakan pengetahuan yang diperoleh pada saat membaca dan melihat penyampaian materi yang menyatakan siswa dengan gaya belajar visual mampu mengidentifikasi permasalahan dan membuat kesimpulan secara general serta cenderung teliti terhadap hal-hal detail. Gaya belajar auditorial kurang telaten dalam menyelesaikan masalah/soal secara runtut, dimana ia mempunyai masalah dengan pekerjaan-pekerjaan . Siswa lebih menyukai menjawab pertanyaan secara lisan, berdiskusi dan mendengarkan penjelasan daripada menulis. Gaya belajar kinestetik dimana ia menyukai belajar melalui manipulasi dan praktik.

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles