GREEN MARKETING SERTA PENERAPANNYA PADA ELEMEN MARKETING MIX

Authors

  • Herniah S Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pejuang Republik Indonesia, Makassar

Keywords:

Green Marketing, Marketing Mix

Abstract

Green Marketing (Pemasaran Hijau) adalah sebuah konsep yang meliputi pengembangan seluruh kegiatan pemasaran untuk meransang dan mempertahankan perilaku konsumen yang ramah lingkungan. Kesadaran masyarakat terhadap lingkungan hidup mulai meningkat setelah melihat kondisi kerusakan lingkungan yang terjadi. Banyaknya bermunculan organisasi pemerhati lingkungan mengkritisi aktivitas yang dilakukan oleh pemasar, hal ini mempengaruhi konsumen sehingga mereka mulai menaruh perhatian pada isu lingkungan hidup lebih dari pada sebelumnya. Istilah green marketing sendiri muncul ke permukaan sebagai reaksi dari para pemasar untuk peduli terhadap lingkungan. Apalagi marketing menjadi alat yang efektif untuk mengubah perilaku dan gaya hidup konsumen. Green marketing dapat diterapkan pada berbagai elemen marketing mix atau bauran pemasaran. Marketing mix atau bauran pemasaran merupakan suatu konsep pemasaran yang memperhitungkan semua elemen penting untuk mencapai tujuan bisnis. Elemen yang dimaksud yakni product, price, promotion and place (produk, harga, promosi, dan tempat. Penerapan marketing mix dalam green marketing disebut green marketing mix yakni green product (produk hijau), green price (harga hijau), green place (tempat hijau), dan green promotion (promosi hijau)

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles