MEMBANGUN BRAND AWARENESS DENGAN LOYALTY PROGRAM YANG EFEKTIF DAN INOVATIF
Keywords:
Loyalty Program, Brand Awareness, Loyalitas PelangganAbstract
Loyalty program atau program loyalitas pelanggan merupakan salah satu penerapan strategi untuk mempertahankan pelanggan. Perusahaan dapat mendesain program loyalitas pelanggan sesuai dengan pelanggannya. Program loyalitas pelanggan akan sangat membantu perusahaan dalam mempertahankan pelanggannya supaya tidak tergiur dengan berbagai tawaran yang diberikan oleh pesaing. Memberikan reward yang menguntungkan pelanggan merupakan salah satu dari loyalty
program. Dengan adanya loyalty program selain untuk mempertahankan bisnis dalam jangka panjang dengan mempertahankan pelanggan lama juga dapat meningkatkan brand awareness atau kesadaran terhadap merk terhadap pelanggan. Setiap merk biasanya memiliki loyalti program yang berbeda-beda. Namun tentunya dibutuhkan loyalty program yang inovatif agar pelanggan tetap setia menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Inovasi loyalty program yang bisa dilakukan diantaranya dengan menawarkan membership, aplikasi mobile, endorse, cashback, dan diskon. Saat ini banyak perusahaan yang berlomba menghadirkan program Loyalitas pelanggan. Akan tetapi, banyak perusahaan yang gagal dalam menjalankan program tersebut. penerapan program tersebut tanpa adanya perencanaan akan mengakibatkan pengaruh negatif terhadap perusahaan. Perusahaan harus menjelaskan manfaat program loyalitas kepada pelanggannya dengan jelas karena banyak pelanggan yang menganggap tier point, rewards sebagai hal yang sama. Oleh karena itu perusahaan harus terbuka mengomunikasikan manfaat dari program loyalitas pelanggannya