PEMANFAATAN BANGUNAN KOTA TUA MAKASSAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASAR
Keywords:
Sejarah, Kota Tua Makassar, Sumber BelajarAbstract
Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendisekripsikan peran dosen dalam memanfaatkan sumber sejarah lokal Kota Tua Makassar pada proses pembelajaran sejarah di jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumetasi. Kemudian data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data melalui uji kredibilitas, transferabilitas, dan triangulasi. Pemanfaaatan Kota Tua Makassar sebagai sumber sejarah lokal mempunyai arti yang sangat penting dalam pembelajaran sejarah. Yakni dapat meningkatkan efektifitas pembelajran sejarah pada Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Karena dengan mengenali aspek kesejarahan lokal dapat dijadikan sebagai cerminan dalam membentuk kepribadian mahasisswa yang didasarkan atas nilai-nilai kearifan lokal.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Galeri Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal JEG memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel jurnal ini dapat di akses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya sesuai lisensi Creative Commons yang digunakan.