PEMANFAATAN BANGUNAN KOTA TUA MAKASSAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASAR

Authors

  • Marwan UPRI Makassar
  • Nursyamsi Irsan MAN 1 Kota Makassar

Keywords:

Sejarah, Kota Tua Makassar, Sumber Belajar

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendisekripsikan peran dosen dalam memanfaatkan sumber sejarah lokal Kota Tua Makassar pada proses pembelajaran sejarah di jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumetasi. Kemudian data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data melalui uji kredibilitas, transferabilitas, dan triangulasi. Pemanfaaatan Kota Tua Makassar sebagai sumber sejarah lokal mempunyai arti yang sangat penting dalam pembelajaran sejarah. Yakni dapat meningkatkan efektifitas pembelajran sejarah pada Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Karena dengan mengenali aspek kesejarahan lokal dapat dijadikan sebagai cerminan dalam membentuk kepribadian mahasisswa yang didasarkan atas nilai-nilai kearifan lokal.

Author Biography

Marwan, UPRI Makassar

Jurnal Galeri Pendidikan is a scientific platform (Open Access) that offers researchers and academics the opportunity to publish their work widely. <strong>p-ISSN 2797-5851</strong>

Downloads

Published

2022-10-20