PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRY SETTING KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR

Authors

  • Kaso Mustamin Universitas Pejuang Republik Indoensia

Keywords:

Pembelajaran berbasis inkuiry setting kooperatif, Meningkatkan motivasi, Aktivitas dan hasil belajar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI-IPA2 SMA Negeri 3 Barru  yang berjumlah 30 orang. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi, aktivitas dan  hasil belajar biologi melalui penerapan pembelajaran berbasis inkuiry setting kooperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis inkuiry setting kooperatif dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi. Motivasi belajar siswa diukur dengan menggunakan lembar angket motivasi dengan nilai rata-rata motivasi 93,36 pada siklus I meningkat menjadi 107,23 pada siklus II atau meningkat 19,87. Aktivitas belajar siswa diukur dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas dengan nilai rata-rata persentase 78,02 % pada siklus I meningkat menjadi 94,44%  pada siklus II atau meningkat sebesar 16,42%. Hasil belajar biologi siswa yang diukur dengan rata-rata nilai yang diperoleh dan persentase ketuntasan belajar siswa, yang berdasarkan nilai KKM, yaitu 80. Pada siklus I  rata-rata perolehan nilai sebesar 81,93 dan tingkat ketuntasan 76,67% siswa tuntas belajar dan pada siklus II rata-rata perolehan nilai meningkat menjadi 86,27 atau meningkat sebesar 4,34 dan ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 100  % siswa tuntas belajar atau meningkat 23,33%.

Downloads

Published

2022-10-20