THE INFLUENCE OF THE APPLICATION OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON ICT LEARNING OUTCOMES.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan keefektifan terhadap penerapan media pembelajaran power point terhadap hasil belajar TIK dengan metode eksperimen dengan tujuan agar memberikan dampak yang baik terhadap siswa, guru, serta berbagai elemen masyarakat. Lokasi penelitian berlokasi di SMPN. Satap Tassoso, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai. Sebagai populasi penelitian terdiri dari 56 siswa serta yang dijadikan sebagai sampel penelitian berjumlah 27 siswa dengan penggunaan teknik simple random sampling. Instrumen tes digunakan untuk teknik pengumpulan data. Analisis data Uji-T serta didukung oleh program SPSS sebagai teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian memberikan hasil mengenai media power point presentation dalam pembelajaran TIK terjadi pengaruh keefektifan hasil belajar siswa berdasarkan statistik inferensial. Uji Hipotesis menghasilkan nilai = 3.134 > ttabel = 1.708. Analisis data serta pembahasan menunjukkan keefektifan media dalam penggunaan media power point presentation dalam proses belajar. Sehingga dapat dinyatakan adanya pengaruh yang baik terhadap media power point presentation dengan hasil thitung = 3.134 > ttabel = 1.708, sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Education Galery
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal JEG memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel jurnal ini dapat di akses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya sesuai lisensi Creative Commons yang digunakan.