Marketing Communication Strategy In Improving Book Sales PT. Rineka Cipta Makassar
Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Buku PT. Rineka Cipta Makassar
Keywords:
Strategi Komunikasi, Pemasaran, penjualan bukuAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran yang dilakukan di PT. Rineka Cipta Makassar dalam meningkatkan penjualan buku, dan Untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi Penjualan buku di PT. Rineka Cipta Makassar. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan, memaparkan dan mengintepretasikan objek yang diteliti. Dalam hal ini penulis ingin menjabarkan komunikasi pemasaran pada PT. Rineka Cipta Makassar. Data diperoleh dari dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang bersumber dari observasi, wawancara dan penyebaran kuesiioner. Dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari kajian sejumlah dokumen-dokumen dan penelitian kepustakaan. yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan tabel frekuensi, kemudian diuraikan dalam bentuk narasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa PT. Rineka Cipta sudah melakukan komunikasi pemasaran baik secara lisan maupun tertulis dengan mendatangi setiap konsumen, akan tetapi apa yang dilakukan pihak perusahaan belumlah optimal sesuai dengan harapan. Belum optimalnya penjuaalan buku PT Rineka Cipta dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu Iklan untuk produk, sales promotion dan pameran, public relations, dan personal selling.