Dampak Kebiasaan Menonton Televisi Terhadap Perilaku Anak (Deskripsi Murid SD Inpres Antang II Kota Makassar)
Keywords:
Dampak positif dan negatif, murid Sekolah Dasar, Televisi, Perilaku anak.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak menonton televisi terhadap Perilaku anak, dan untuk mengetahui mengapa anak gampang menirukan adegan yang di tayangkan di media televisi. penelitian ini menerapkan metode kuantitatif, dengan Pendekatan penelitian yaitu survey. Data diperoleh dari dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang bersumber dari hasil penyebaran kuessiner.dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari kajian sejumlah dokumen-dokumen dan penelitian kepustakaan. yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan tabel frekuensi, kemudian diuraikan dalam bentuk narasi. Temuan menunjukkan bahwa terdapat dua dampak bagi kebiasaan anak murid SD menonton televisi yang dapat mempengaruhi prilakunya, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Bagi anak usia sekolah dasar, kehadiran televisi sebagai media informasi dan hiburan dapat dilihat dari segi proses transformasi anak-anak dalam memahami proses komunikasi dengan bahasa lisan. Bahkan banyaknya tayangan-tayangan televisi yang menampilkan berbagai kereatifitas, mampu mendorong anak-anak untuk termotivasi mengikuti hal serupa, seperti kompetisi dalam bidang seni musik dan nyanyi, tentu membawa dampak yang positif dalam perkembangan kreatifitas anak. Disisi lain dilihat dari dampak negatif siaran televisi pada anak-anak terutama dilihat dari prilaku anak-anak yang banyak menirukan adegan-adegan yang kurang baik, dalam ukuran moral tatanan masyarakat. Bahkan ditengarai bahwa munculnya kekerasan diantara sesama anak dalam lingkungan permainannya merupakan dampak langsung dari tontonan televisi tersebut.ketertarikan anak menirukan adegan ditelevisi karena dipengaruhi oleh keinginan anak menirukan tokoh idolanya, bahkan gerakan dan gaya berbicara dari idolanya sejauh mungkin dapat diikuti.