Pengaruh Testimoni Beauty Vlogger Abel Cantika dan Asosiasi Merek Wardah Terhadap Minat Beli Konsumen
Keywords:
Beauty Vlogger, Asosiasi Merek, Minat BeliAbstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Testimoni Beauty Vlogger Abel Cantika dan Asosiasi Merek Wardah terhadap Minat Beli Konsumen”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari testimoni beauty vlogger Abel Cantika dan asosiasi merek Wardah terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan kuesioner dalam pengumpulan data serta studi kepustakaan dan referensi lainnya yang berkaitan dengan masalah penelitian. Sampel dalam penelitian ini merupakan penikmat media sosial youtube yang sudah pernah menonton channel youtube Abel Cantika yang berjudul “Wardah One Brand Makeup Tutorial” yang ditandai dengan memberikan like, comment dan subscribe yang diambil menggunakan metode nonprobability sampling, selanjutnya analisis data menggunakan uji statistik analisis regresi berganda (Uji F dan uji t). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa testimoni beauty vlogger Abel Cantika dan asosiasi merek Wardah memiliki pengaruh secara simultan terhadap minat beli konsumen. Secara simultan artinya keseluruhan variabel bebas mempengaruhi variabel tidak bebas atau terikat. Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa testimoni beauty vlogger Abel Cantika berpengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen, dan asosiasi merek Wardah juga berpengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen. Peneliti juga menemukan temuan deskriptif dilapangan yang menyimpulkan bahwa pengaruh testimoni beauty vlogger Abel Cantika dan asosiasi merek Wardah adalah sebesar 31,4% sedangkan sisanya 68,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.