Pemanfaatan Instagram Oleh Akun @Jelajahblitar Dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah
Keywords:
Media Sosial, Instagram, Komunikasi PariwisataAbstract
Media sosial digunakan sebagai cara yang mudah, hemat biaya, dan efektif dalam memasarkan pariwisata untuk suatu daerah. Dari fenomena ini menunjukkan bahwa cara tercepat dan paling dapat diandalkan bagi wisatawan untuk mencapai pariwisata adalah melalui internet. Dalam studi ini, para peneliti tertarik pada aktivitas @jelajahblitar di Instagram yang sangat aktif untuk mendukung promosi daerah mereka. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif deskriptif melalui pengumpulan data observasi dan wawancara mendalam dengan admin, dan pengikut aktif. Berdasarkan hasil analisis dan diskusi yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada 4 tahapan pemanfaatan media Instagram akun @jelajahblitar sebagai media promosi yaitu pesan, komunikator, komunikan, saluran. 2) Promosi pariwisata Blitar melalui akun @jelajahblitar ini membuat pariwisata Blitar lebih banyak dikenal masyarakat luas. 3) Media Instagram dipilih untuk mempromosikan pariwisata daerah karena media ini mempunyai kelebihan memiliki fitur yang lengkap, mempunyai banyak pengguna dan lebih menarik. 4) Fitur – fitur yang digunakan dalam instagram adalah Sharing, Hastag, Repost, Worldcam, Searchtagram, Findergram, Geolocation dan Insta Story. 5) Fitur yang sering digunakan akun @jelajahblitar dalam mempromosikan wisata daerah adalah sharing foto, video, hastag, repost dan Insta Story.